Kamis, 08 Maret 2012

Gejala Revolusi atau amuk Massa,Kuncinya keberpihakan terhadap Rakyat



Hariwang
 
I.Keberpihakan.
 
Banyak orang mengatakan bahwa Indonesia menghasilkan banyak hal dan sayangnya semuanya hanya akan menjadi idea saja atau kalaupun jadi terwujud sesuatu tetapi jika bertabrakan dengan kekuatan yang besar maka hasil karya dan piker origin itu akan layu dan ini sangat disayangkan.
 
  1. TriMumpuni ahli mikrohydro yang sudah keliling kampong diseantero nusantara dan hasil karyanya nyata tetapi mana nyatanya , apakah karyanya menjadi fenomenal dan menjadi motor penggerak mikrohydro. Tidak sama sekali dan soalnya adalah bukan pada beliau tetapi karyanya tidak diapresiasi dan difasilitasi padahal diluar negeri sangat dihormati.
  2. Idea membuat MRT dan kereta sebagai alat transpotasi masal dipekotaan serta menjadi kan Jakarta bebas macet sampai tahun 2012 hanyalah mimpi disiang bolong begitu juga bisa jalan kaki nyaman di ibukota yang terlihat bahaya dan ketidaknyamannya. Dan hal ini dicurigai supaya konsumsi membeli mobil dan motor tetap tinggi sehingga seperti lingkaran setan saja jika ingin memperbaiki sistim dan pola transportasi di Jakarta dan Indonesia ini.
  3. Memfungsikan kapal laut sebagai jembatan di Indonesia karena memang banyak sekali jembatan jika mau dibuat tetapi pada kenyataannya pada beberapa pulau hal ini tidak berjalan. Untuk jawa saja jika Jakarta Surabaya atau semarang bisa pakai kapal laut lebih effesien maka jalanan raya akan lebih aman dan tahan rusak tetapi disini juga diperlihatkan bahwa menggunakan angkutan laut tidak diutamakan dan didorong. Sehingga dalam konteks daerah kepulauan yang lainnya apakah NTT, kepri dan Sulut serta Maluku dan Maluku Utara perdagangan barang jasa, pembangunan dan industri yang berbasis keunggulan dan kebutuhan local menjadi tidak berkembang dan barang yang di datangkan menjadi mahal.
  4. Begitu berbagai hasil produk industri dalam negeri yang belum mature tetapi kualitasnya bisa berkembang dan jadi unggulan sulit juga berkembang. Alasannya paling gampang ketika tender akan kalah dengan barang barang super murah yang akhirnya juga terbukti mudah rusaj dan jadi sampah. Kenapa tidak ada kebijakan soal ini dan bagaimana juga lembaga penegakan hukum belum mendukung produksi dalam negeri.
  5. Bahan bakar dan energy alternative , apakah mulai bioetanol, panas bumi dan gas bumi, energy panas matahari dan angin sudah merupakan pilihan yang sulit ditolak jika Indonesia tidak ingin terjebak hanya kepada bahan bakar fosil. Kenyataannya Indonesia setiap hari butuh 1,4juta barel dan produksi 800 ribu barel yang diekport karena tidak bisa diproduksi direfinery disini sehingga export 120 000 barel punya pertamina dan 480 000 barel hasil kontrak karya serta harus impor 500 000 minyak jadi dan 800 000 minyak yang diolah didalam negeri, bagaimana jika Indonesia jual harganya selalu dibawah dan kalau beli harga lebih mahal. Apakah jika polanya tetap terus seperti ini dan seperti sudah kejebak didalam keramba tidak membuat kita kesulitan semuanya. Bagaimana jika terus seperti ini?.
  6. Presiden SBY bilang Pssi jangan berantem melulu, masyarakat ingin melihat bahwa sepakbola Indonesia jagoan ditingkat dunia dan semakin banyak yang merumput untuk menjadikan sebagai lading kehidupannya. Bagaimana jika kepada kualifikasi kejuaraan dunia dikirim team yang bukan berdasarkan paling jago, paling sehat, paling bisa bekerja sama dan bersatu dalam waktu yang lama tetapi dikirmkan pemain juga yang bisa jadi bagus tetapi dalam kondisi yang tidak siap dan belum bersatu padu. Ini bukan namanya tidak menghargai harapan masyarakat dan semata mata menunjukan bahwa merekalah yang berkuasa sedang kita rakyat Indonesia tolol dan tidak berhak punya harapan serta harus terima negeri ini dibuat malu. Lain lagi pak Djohar arifin jika pemain terbaik Indonesia yang main tetapi dibantai spanyol atau jerman karena walaupun sudah mati matian dan berlatih maksimal saat ini masih kalah dua kelas, misalnya. Hanya kalau akibat arogansi dan menunjukan kekuasaan dan nganggap hanya merekalan pemilik sepakbola dan pecinta sepakbola sehingga kita semua dianggap tidak ada , itu namanya keterlaluan. Juga ada baiknya presiden sby manggil saja kedua kubu nya dan memfasilitasi agar segera terjadi rekonsiliasi dan fokus membesarkan sepakbola Indonesia .
  7. Kebohongan dan rekayasa dibidang hukum sudah bisa dibilang dilakukan dengan telanjang mata dan disaksikan secara mudah tetapi ini Cuma menjadi tontonan saja dan semua pihak dibuat tidak berdaya , seolah olah sampai ada dedy nekat di anak bandung yang membacok jaksa sistoyo. Tindakan membacok jaksa sistoyo jelas keliru dan bisa dikategorikan nekat. Pertanyaannya , apakah dengan peringatan seperti ini para aparat penegak hukum terutama yang ada dipengadilan akan tetap menutup mata dan hati serta menganggap bahwa pengadilan ini miliknya dan rakyat indonesia harus pasrah saja serta membiarkan semuanya terjadi sampai ujungnya yang kita tidak tahu.?
  8. Di sumatera Utara ada orang naik mobil dikejar dan dipukuli lalu dibakar, di Tasikmalaya juga pengendara motor dibakar begitu juga di katingan Kalimantan tengah 2 polisi di Polseknya dibakar?...kejadian ini setelah asset pabrik di Messuji dibakar dan kantor Bupati Bima dibakar. Soal amuk dan membakar memang sudah menjadi penyakit dan sejarah yang berulang di negeri ini. Saya mengingatkan bahwa semua pihak termasuk pemerintah jangan anggap enteng kasus dianiayanya ketua DPRD Sumetera Utara pada tahun 2009. waktu itu saya sampaikan keluarganya harus diberikan penghargaan dan penghormatan karena alm Aziz meninggal sedang dalam tugasnya di DPRD. Kejadian kejadian yang kemudian terjadi terkesan seperti kejadian yang memang berdiri sendiri sendiri tetapi saya sudah ingatkan temukan akar persoalannya dan jangan biarkan berbagai kejadian ini terus meluas. Sebelum terjadinya pembakaran orang ini saya sudah ingatkan dan sekali lagi saya ingat kan bahwa segeralah hadir ditengah masyarakat dengan hati dan niat berjuang memperbaiki situasi bersama rakyat dengan proses yang telah disepakati dan baik. Jika para elite politik apalagi yang berkuasa tetap yakin bahwa semuanya ini baik baik saja dan masyarakat tetap merasa ditinggalkan dan hanya sebagai pelengkap penderita di Indonesia ini jangan salahkan jika kejadian kejadian ini bisa merayap mengenai para tokoh elite dan amuk masa itu terjadi sesuai dengan kondisi yang mendukung untuk meletusnya saja. Semoga tidak terjadi.
  9. Menggunakan Gas pada kendaraan , tidak hanya terjadi pada tahun 2000an saja. Karena pada tahun 1992an kami sudah ikutan diberitanggung jawab untuk mensosialisakan gas dan digunakan pada kendaraan transportasi. Pada tahun tahun itu hanya kami yang bisa menggunakan seluruh kendaraannya kalau tidak salah 1500 taksi semuanya memakai gas cng. Hanya sayangnya tempat pengisiannya semakin sedikit dan ketika gas tersebut meledak sama sekali tidak ada partisipasi dan kami dibiarkan sendirian. Ujungnya kendaraan umum yang sebelumnya sudah menggunakan BBG menjadi kembali ke BBM lagi.
  10. Agus chondro yang membuka kasus check pelawat ikut dihukum juga walau lebih ringan, Jendral susno kehilangan karier ketika akan membuka tabir dan Mindo Rosalina Manulang seperti kehilangan asa ketika awalnya sudah berani membuka apa adanya?.. http://news.detik.com/read/2012/03/06/173923/1859444/10/kpk-kalau-tak-diselamatkan-rosa-bisa-mati?991101mainnews .Pertanyaannya bagaimana orang akan membuka kasus korupsi jika yang mau dan awalnya bisa pembuka tabir jika malahan bukan diberikan pnghargaan dan kesempatan membuka tabir kejahatan korupsi. Padahal korupsi sudah hampir dipastikan dilakukan oleh lebih dari satu orang karena menyangkut kewenangan yang tersebar dan birokrasi yang luas, begitu juga diberbagai tempat dan institusi peniup peluit ini bukannya diberikan kesempatan tetapi malahan dipendam semua ini artinya tidak ada kesungguhan membumi hanguskan korupsi dalam arti yang sesungguhnya.
  11. Soal pemberian kendaraan kepada petinggi partai, jika ini memang terjadi saecara kasat mata mudah dibuktikannya walaupun bpkbnya bisa dengan nama lainnya tetapi termasuk diakui tidak punya Black Berri sesungguhnya sangat mudah karena sekelilingnya pasti tahu dan jika semua bungkam maka dosanya menjadi dosa bersama dan ini juga soal kesungguhan dan sesungguhnya.
  12. Kerusakan berbagai infrastruktur dan kekurangannya termasuk Pelabuhan serta semerawutnya berbagai tektek bengeknya terbukti telah membuat ongkos angkut barang diindonesia mahalnya luar biasa.
  13. Pasca terbakarnya kantor bupati Bima dan pabrik di mesuji, bagaimana nasib pengusaha yang dicabut ijinnya dan pabriknya dibakar tersebut. Siapa yang membayar kreditnya dan pegawainya bagaimana dengan modalnya yang terbakar dan usaha yanmg telah dirintisnya itu. Apakah Pemerintah hanya bisa mengatakan saat ini keamanan telah aman dan terkendali. Bagaimana dengan asset yang terbakar dan orang yang terlanjur terbunuh. Disini juga soal kesiapan pemerintahan daerah dan aparat keamanan didaerah bagaimana dalam menjalankan tugasnya sehingga bukan pasca kerusuhan baru diamankan tetapi jangan pernah terjadi lagi pengrusakan dan pembakaran, ini jaminan yang harus nyata. Begitu terjadi maka kepala aparat yang ada harus segera digrounded dan dikenakan sanksi sehingga tidak ada aparat yang melepas tanggung jawabnya begitu saja.
  14. Garam yang seharusnya bisa dihasilkan secara luas dan kualitas baik ternyata indonesia malahan mengimpor garam ini sangat aneh dan luar biasa.
  15. Buah buahan Indonesia kalah murah dan kalau pasar oleh buah buah yang diimpor dan mereka mampu masuk ke pasar yang jauh dipedalaman sedangkan buah lokal masuk ke Pasar Kota Besar saja atau ke Mall banyak yang tidak mampu. Ajaib sekali.
  16. Memiskinkan koruptor dan pembuktian terbalik sudah lebih sepuluh tahun diusulkan dan didorong tetapi sampai tahun 2012 ini masih juga menjadi wacana dan kenyataannya sudah ratusan orang masuk penjara setelah diputus sebagai koruptor tetapi korupsi masih juga luar biasa terjadinya.
  17. Pencuri akibat lapar dhukum cepat dan lumayan berat dibandingkan dengan kejahatan akibat keterpaksaannya padahal koruptor dihukum jauh dari kesan berat dan setelah keluar penjara tetap bisa menikmati dan menjadi contoh bagi yang akan korupsi.
 
Soal keberpihakan adalah soal yang sangat nyata dibutuhkan oleh masyarakat dalam memperbaiki nasibnya. Dan seringkali masyarakat jika tidak dibantu secara nyata maka kesempatan perbaikan kehidupan dan nasibnya serta kondisinya tidak jadi berkembang alias layu kembali. Keberpihakan juga bisa terjadi pada segala bidang dan lapangan kehidupan. Di zaman soeharto intervensi dengan memberikan kredit pada koperasi dan pembinaan pada usaha kecil menengah terbukti kemudian memberikan ketahanan ekonomi ketika krisis dan akibat jumlahnya banyak maka menjadi ketahanan nasional pada saat krisis ekonomi tersebut.
 
Berbagai soal yang disebut diatas sungguh masih sangat sedikit dari jumlah issue atau soal yang harus diintervensi sehingga dengan keberpihakan tersebut berbagai persoalan yang ada dimasyarakat menjadi selesai. Jika tidak masyarakat terlunta lunta sendiri, sengsara dan mati sendirian atau frustasi sendirian.
 
Jika masyarakat melawan aparat dan birokrasinya sendiri maka disamping saingannya yang datang dari luar negeri dengan difasilitasi oleh negaranya sehingga hasilnya perusahaan lokal sangat sulit berkembang. Pertamina salah satu contoh nyata padahal dulu Petronar belajar kepadanya. Perusahaan pasca orde lama sampai pasca Orde baru yang juga saat ini masih besar hanya bakrie Group dan beberapa perusahaan yang tidak sekelas raksasa itu. Salim Group, Sampurna, Maspion, Djarum juga besar dan sesungguhnya jika difasilitasi untuk menjadi raksasa kelas dunia bisa menjadi kenyataan.
 
Dan soal ini bukan hanya soal keberpihakan kepada perusahaan besar saja tetapi kepada perusahaan yang lainnya termasuk kepada institusi lainnya diindonesia sampai kepada TKI dan TKW. Negara harus nyata hadirnya bukan masyarakat disuruh melayani birokrasi dan memberi upeti saja. Keberpihakan merupakan wujud nyata dari kebersamaan dan kesungguhan mewujudkan masib rakyat yang lebih baik.
 
II. Kekacauan kerusakan dan merusak suasana masyarakat.
 
Kekacauan yang terjadi diindonesia saat sungguhlah tidak bisa lagi dianggap enteng dan sudah selesai prosesnya karena proses kerusakannya sedang menuju kepada yang lebih luas sehingga belum berhenti. Berbagai kejadian ini jelas jelas merusak nurani dan suasana batinnya masyarakat dan sangat menginspirasi pelaku lainnya untuk melakukan pengrusakan dan kerusakan yang telah terjadi itu.
 
  1. Apriliani nabrak 9 orang hingga meninggal akibat obat terlarang juga diikuti pilot yang nyabu dan berbagai bus luar kota yang mengalami kecelakaan serta diduga bukan hanya minim perawatan busnya tetapi juga adanya faktor faktor ketegangan dan penggunaan zat additif. Belum selesai proses Hukumnya terjadi lagi guru TK nabrak anak anak TK sampai 18 orang dan koma 2 orang. Terlepas pengaruh zat additif ternyata musibah sedang rajin datang ke sini sehingga kita perlu hati hati dan kejadian model ini belum selesai iklimnya belum berbalik.
  2. Proses Demokrasi dari mulai pimpinan daerah sampai pimpinan nasional.dan anggota Dewan perwakilan rakyat daerah Tk2,Tk1 dan Pusat serta senator telah dilakukan hanya yang lebih tercium adalah situasi kepanasan dimana money politik, poltik pertahankan posisi dan kembalikan modal serta mendapatkan dana untuk kepentingan partai dan lainnya masih lebih kuat dibandingkan dengan aroma pengabdian dan mewujudkan sesuatu yang bernas. Disamping itu loncatnya tokoh dari satu partai ke partai lannya sehingga mayoritas peserta pilkada bahkan pilpres berpisah pada maju dipilihan berikutnya.
  3. Pemerintahan yang ada sepertinya telah melumer sehingga kehilangan tenaga dan kapasitas ketika menghadapi berbagai kekacauan dan terkesan seakan tidak hadir bersama rakyat, pengusaha, mahasiswa dan stakeholder lainnya ketika mereka benar benar membutuhkannya. Sehingga muncul negara autopilot dan negara Preman.
  4. Berbagai ketidakberpihakan yang disampaikan diatas bukanlah hal yang sederhana sehingga berbagai persoalan dan kekacauan terjadi dimana dan dirasakan serta semua itu bukan hayalan saja.
  5. Masyarakat dan tokoh elitenya seperti terpisah dan masing masing punya kehidupannya sendiri. Akibatnya rasa ketidakadilan di masyarakat semakin meningkat sementara ditingkatan elite memandang bahwa rakyat semakin liar tidak terkendali dan tidak tahu diri serta liar.
 
III.Potensi dan peluang yang luar biasa.
 
  1. Orang Indonesia berkelas philosophis luar biasa dan berpandangan jauh kedepan serta banyak yang berjiwa relawan.
  2. Orang Indonesia banyak yang sangat cerdas dan luar biasa sehingga diterima dan menentukan diberbagai komunitas kelas elite tingkat dunia. Salah satu buktinya sri mulyani yang menjadi managing Director bank Dunia.
  3. keindahan alam indonesia sungguh kuar biasa dan sangat potesial menjadi surga dunia dan termasuk tempat yang paling diminati oleh bangsa bangsa dunia.
  4. kekayaan alamnya baik mineral, kesuburan alamnya dan gas juga panas buminya sungguh sebagai sebagai sebuah tempat yang sangat sedikit negara didunia mempunyainya.
  5. Iklim yang sedang juga tidak extrem akan menjadi pilihan utama sebagai tempat tinggal umat manusia karena tidak akan terlalu panas dan tidak akan terlalu dingin sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal dan berusaha.
 
Kita sudah tentu menuliskan berbagai persoalan untuk diselesaikan dan bukannya untuk dijadikan pembusukan. Sudah menjadi sebuah keyakinan yang diwajibakan bagi bangsa Indonesia dimana tidak boleh menyerah dan putus asa serta harus yakin bahwa jika keinginan luhur dan usaha keras dan kreatif maka Berkat rahmat Tuhan Yang maha kuasa akan datang dan itu sudah terjadi berkali kali sehingga kita sebagai sebuah bangsa harus menciptakan kondisinya dan mewujudkan hal tersebut.
 
Diluat itu semua , bahwa harus menjadi kesadaran elite bahwa keberpihakan harus segera diwujudkan dinegeri ini dan berbagai kerusakan dan kekacauan harus segera dihentikan.
 
Sangat aneh dan luar biasa anehnya negeri yang sedemikian luar biasa seharusnya hebat tetapi pada kenyataannya seperti oleng dan berputar seperti tidak jelas mau mengarah kemana?...potensi yang luar biasa dan kesempatan yang luar biasa sebelum ini datang kepada dunia investasi diindonesia sebentar lagi jika tidak segera dinatisipasi dan dilakukan langkah yang tepat maka bukan kehilangan peluang saja tetapi Indonesia bisa masuk kedalam situasi kekacauan yang luar biasa.
 
Beberapa tokoh dan mahasiswa sudah bilang bahwa ini bisa mengarah kepada jatuhnya Pemerintahan atau malahan revolusi saya lebih melihatnya ini adalah sebuah amuk. Dan amuk ini bisa membakar apa saja sehingga sungguh berbahaya. Dan semoga tidak tidak terjadi dan terantisipasi.
 
Sungguh sayang jika situasi yang sesungguhnya sangat baik dibandingkan berbagai kekacauan diberbagai belahan dunia sekarang ini tetapi indonesia malahan membiarkan kekacauan sehingga meluas dan sulit dikendalikan. Sayang sungguh sayang jika dibiarkan.
 
Salam
 
Agus muldya natakusumah.
Penasehat Gerakan pemuda Sehat.

0 komentar:

Posting Komentar