Kamis, 08 Maret 2012

Indonesia harus berhasil lagi.



 
I.Air Show di Singapura.
 
Beruntung saya diajak sahabat saya lama untuk bisa lihat airshow, baru hari rabu tanggal 22 feb 2012 , saya baca DI, beli 18 pesawat untuk BUMN dan Lion air bertransaksi sebesar 22,5 Milliard dollar. Disana selain melihat berbagai pesawat saya kagum dan bangga kepada susiair dan GMF yang Nampak disana. Bisa saja banyak lagi yang ikut pameran disana tetapi itulah yang saya lihat. Kebetulan juga sabtu 18 February 2012 hujan pula ketika menonton disana.
 
Walaupun lihat pameran dan peragaan serta foto foto tetapi yang saya ingat adalah dulu Air show adanya dijakarta ini. Saya lihat dihari itu saja tidak kurang 300.000 orang yang datang ke lokasi dan lokasi tetap lega dan makanan sangat laku sangat mengasyikan melihatnya karena sangat jelas memberikan orang orang kesempatan berusaha. Keluarga keluarga duduk sambil istirahat dan santai sambil rekreasi. Mau naik taksi, limo bahkan shuttle dan MRT selain mobil pribadi juga sangat bisa.
 
Saya merasa tertantang mendorong Indonesia harus mempunyai rencana jangka panjang yang pada ujungnya terus menerus menyajikan acara dan event yang besar.. alasannya dengan kegiatan itu sangat jelas akan kasih banyak orang makan dan kesempatan berusaha. Dan semoga banyak orang Indonesia merasa tertantang dan mewujudkannya.
 
Kita tidak usah sirik dan iri tetapi beljarlah dan sinergikan lah apa apa yang bisa dilakukan dengan berbagai Negara termasuk Negara sekeliling Indonesia supaya banyak hal akan mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan.
 
II. Audiensi dengan menteri pariwisata.
 
Beberapa bulan yang lalu ketika ua Saya Ibu Niniek istrinya Ua Sarwono kusumaatmadja berpulang, saya kembali pak Sapta Nirwanda dan memang kenal beliau sudah sejak lama sekali maklum beliau memang handal dan beberapa lama memang bersama Pak Sarwono karena sebagai Pejabat dilingkungan Kementrian yang dipimpin Pak Sarwono. Sewaktu itu ketemu pak Sapta , saya sampaikan kang ini saya dengan teman teman Gabrial UI dan Gabsi alhamdullilah berhasil memenangkan pelaksanaan Bermudabowl di Bali 2013. Karena waktu itu indonesia belum menjadi runerup untuk Venice kejuaraan dunia putrinya. Walau alhamdullilah di Bulan Oktober 2012, hal tersebut berhasil diraih Team puteri indonesia yang tampil luar biasa.
 
hari ini pun sebenarnya audiensinya dengan Ibu menteri Mari Elka pangestu, ,malahan pak Dahlan Iskan pesan kepada Delegasi jika ibu menteri minta dilatih brigde segera disiapkan. Hanya akibat Presiden SBY memanggilnya sehingga team bertemu dengan Pak sapta Nirwanda wakil menterinya. Ketemu ibu menteri pasti banyak solusi yang bisa didiskusikan hanya bertemu dengan pak sapta, sungguh saya sangat syukuri karena diskusi di tempat pak Sarwono soal membuat Indonesia menjadi sesuatu yang sangat menarik berlanjut kembali. Saya merasa Allah swt membuka jalan ini dan semoga ini bermnafaat bagi Indonesia.
 
Dalam diskusi tentu saja banyak soal kebangsaan dan bagaimana kelebihan indonesia dan perjuangan anak anak indonesia sehingga bisa meraih prestasi tertinggi di olah raga brigde dalam rangka mendongkrak nama baik Indonesia dilakukan seurius dan semoga sinergy tindak lanjutnya berjalan lancar karena bisa 66 negara -3 yang datang ke indonesia dan hal ini akan dimulai dengan kejuaraan asia-en open yang sangat mungkin jika dikemas sangat menarik akan mendatangkan pemain dan keluarga pemain brigde dari selain dari asia, australia dan newzaeland juga dari eropa dan usa.
 
Saya tadi setelah sangat menyadari bahwa pak sapta memang dari dahulu selalu sangat sungguh sungguh dan cemerlang maka saya sampaikan jika event event yang akan dibuat sudah fixed dan bisa dijual segera ke berbagai negara dan semua persiapannya ntuk kejuaraan asia-en open itu segera dikirim ke berbagai asosiasi brigde dunia maka insya allah kegiatan ini akan ramai dan spendnya selama diindonesia bisa 1500 us$ perorang lumayan jika 2000 an orang bisa memasukan 3juta dollar lah belum dengan belanja lainnya. Sedangkan kejuaraan dunia 2013 bisa 4 kali lipatnya tetapi yang paling penting adalah ini kesempatan juga menaikan nama indonesia dan sport turisme terutama brigde yang sangat dikenal sebagai olah raganya orang berduit juga. Ingat Bill gates, waren Buffe dan bambang hartono pemain brigde dan banyak sekali juga pebisnis dan pejabat tinggi juga pemain Brigde.
 
Yang menurut saya , perlu disyukuri adalah sudah umum ketika memperebutkan tuan rumah kejuaraan dunia ini banyak intrik dan tekanan karena persaingan. Dan perlu diketahui bahwa saingan indoensia terakhir adalah las Vegas USA dan sidney Australia tetapi akhirnya yang menang Bali Indonesia. Perjuangannya luar biasa tidak sederhana dan memakan biaya yang tidak sedikit juga pengorbanan berbagai pihak dari mulai merintis sampai semuanya terjadi.
 
Sewaktu di Veld Hoven Belanda, Rombongan dipimpin Widi pancono yang ketua harian Gabsi, Presentasi di pimpin Judianto hassan dengan anggota team edy julianto dan saya sendiri serta mengajak herri mahasiswa Indonesia yang mengambil s2 soal gas di jerman sebelumnya ia Lulusan UGM. Judianto presentasi demikian memukau dan bebearapa bahan disiapkan mbak Utie memang menarik. Yang luar biasa selesai presentasi yang didukung esther ketua asosiasi Brigde asia dari thailand peserta dari berbagai negara malahan ingin segera ke indonesia dan menanyakan bagaimana pantainya dllnya.....mereka banyak yang belum ke Indonesia bertanding sekaligus membawa keluarganya.
 
III.Ini bukan soal olah raga saja tetapi sudah soal Indonesia.
 
Ini luar biasa dan memang team yang berangkat ke Belanda kalaupun sangat cape dan tegang akibat pertandingan yang melelahkan dan keras sehingga biasalah ada ketegangan dan gesekan tetapi pada dasarnya sangat punya niat dan berusaha supaya indonesia berkibar dan punya nama baik. Om Bambang hartono dengan om Mun, om edy manopo dan om hanky lasut, om donny dan om yopie sementara team wanita mulai lusye Bojoh-joice tueje, nana-suci dan kristina wahyu murniati- dewi serta pelatih putri om bertje polii dan pak harri juga pak chairil dari pengurus gabsi. Dan dalam diskusi dengan om bertje, kami menyadari bahwa seluruh anggota team sudah berusaha keras tetapi lawan lawan memang luar biasa dan fokus pada permainan selama kehidupannya sehingga hanya dengan keinginan luhur dan usaha keras juga Berkat Rahmat Tuhan yang maha Kuasa lah jika Indonesia bisa Juara atau masuk Final. Hasilnya seperti sudah diketahui Team senior masuk 8 besar dan team venice juara 2 dunia.
 
Yang paling penting selain meraih prestasi atas usaha yang sungguh sungguh serta keinginan luhur adalah keyakinan jika semuanya dilakukan Total maka pemilik alam inilah yang akan mewujudkannya.
 
Jika ada yang tidak puas dan tidak mensyukuri prestasi ini maka semoga menjadi tantangan untuk mewujudkan prestasi di 2012 kejuaraan dan 2013 kejuaraan dunia.
Sudah tentu kegiatan kolosal ini sangat besar biaya dan sudah tentu juga diperlukan kerjasama dengan berbagai perusahaan dan bumn diseluruh Indonesia supaya lebih ringan begitu juga ingin juara dunia sudah tentu pemain harus fokus kepada permainan dan pertandingan. Pertanyaannya sungguh tidak besar jika disediakan 75 milliar rupiah untuk 2 tahun dalam mewujudkan niat luhur ini.
 
Untuk Pemain sebanyak yang awalnya 32 orang atau 2x 3team (open, puteri dan senior) dan akan diseleksi sehingga akhirnya menjadi 18 orang atau 3team serta satu team tetap bersama sampai pertandingan usai diperlukan 25 milliard selama 2 tahun apakah ini latihannya dan pertandingan baik diindonesia dan ke berbagai pertandingan kelas dunia., hal ini penting karena membuat fokus dan mengembangkan permainannya. Dan jangan salah para agen perjalanan bisa nitip kepada team untuk membagikan promosi perjalan dan widata keberbagai penjuru dunia yang punya daya beli kuat dan posibilitisnya kedatangannya tinggi. Begitu juga film film tentang properti dan wisata yang menarik diindonesia.
 
Pak sapta sedemikan jelasnya menyampaikan berbagai pemikiran dan langkah nyata supaya acara ini sukses. Saya tadi sudah terus terang bahwa menjadi EO besar seperti ini mudah dan tidak baik coba coba karena kelasnya sudah kelas dunia dan membawa nama Indonesia termasuk juga jika pembiayaannya disuruh nyari nyari karena rata rata tidak berusaha dibidang ini dan hanya karena niat luhurlah bersama Pak hari jaya dan pak edy erning praja yang keduanya direksi PLN sudah tentu didukung pak Dahlan iskan. Tetapi yang ingin disampaikan adalah betapa luarbiasanya pintu sudah terbuka dan ini peluang besar buat bangsa Indonesia bukan hanya Gabsi apalagi hanya panitianya.
 
IV.Indonesia harus berhasil.
 
Sekilas info saja bahwa perjuangan ini dimulai sejak tahun 2008 dan yang ikut perjuangannya banyak sekali sehingga tidak mungkin bisa disebutkan semuanya sampai pak wiempy dan pak syarief bastaman pun termasuk begitu banyaknya pemain dan komunitas bridge lainnya yang berkorban dan membantu secara nyata sehingga semua itu diraih.  Pertanyaannya apakah tidak sayang jika kesempatan ini tidak dimaksimalkan. Sebagai catatan tidak semua panitia OC dan pemain kehidupannya mapan banyak yang usahanya mati matian tetapi belum berhasil serta berusaha mewujudkan mimpi ini.
 
Saya suka prihatin melihat pengorbanan teman teman sekeliling dalam proses ini dan sering doakan supaya usaha dan pengorbanan mereka dibalas kebaikan oleh Tuhan yang maha kuasa. Walau disisi lain suka getir karena sebuah partai saja minta 800 miliard rupiah untuk mendukung jika calon incumbent ingin maju kembali menjadi gubernur dan diisuekan total biaya kampanyenya 10 trilun.
 
75 miliiard kecil sekali dibandingkan 10 Trilun bahkan 300 milliard yang diisuekan untuk beli saham garuda. Suka heran saja jika ada sumbangan ke partai misalnya sampai 20 milliard rupiah. Mungkin jika uang besar yang dimainkan dipolitik sebagai money politik sebesar 10 Triliun itu jika dijadikan biaya kejuaraan brigde Ddunia diindonesia sudah pasti kelebihan dan jika dijadikan air show seperti disingapura bisa datangkan 50 triliun mungkin.
 
Begitu juga jika dijadikan acara javaJaz pasti bisa mengangkat nama Indonesia serta mendatang devisa juga memberikan kesempatan usaha. Apalagi jika dijadikan modal usaha pariwisata dll.....
 
Semoga ini menginspirasi. Terima kasih pak Sapta dan ibu mari atas diterimanya kami tetapi seorang anggota delegasi langsung sampaikan pesan bahwa kita tidak boleh hanya dapat foto dengan pejabatnya dan semua amanah yang kita emban malahan tidak terjadi akibat berdagang masing masing dan kacau.
 
Semoga Tuhan yang maha kuasa menjaga kami semua, shelby insan shaleh dan edy julianto tidak datang karena memang sibuk walau keduanya sangat banyak mengorbankan yang dipunyainya dalam rangka mendorong sampai prosesnya ditahapan ini.
 
Pak Dahlan Iskan selalu menyemangati dan mendorong supaya proses ini berhasil dan indonesia menjadi juara dunia serta tuan rumah yang sukses. Pasca pertemuan dengan pak Sapta menginspirasi saya bahwa jangan hanya sekali diadakan di Bali tetapi jadikan sukses dan menjadi rutin terjadi di Bali serta buatlah ditempat lainnya diIndoensia ini, Indonesia sangat banyak tempat yang indah dan aman. Indonesia harus berhasil karena dengan berbagai keberhasilan lah berbagai kepercayaan akan didapat indonesia dan dengan itu akan mendekatkan berbagai kesempatan kepada anak anak bangsanya.
 
Terlepas dari semua itu semoga rakyat Indoensia mendukung rencana ini sehingga proses yang sudah dilakukan sejak tahun 2008 di Puteri Duyung Ancol bisa terwujud setelah kerja luar biasa selama 5 tahun dan itu juga karena berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.
 
Salam
 
Agus muldya Natakusumah
Indosolution.
 

0 komentar:

Posting Komentar